HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

Negeri Di Atas Awan - Inilah Pemandangan Negeri Di Atas Awan Tepuis

Negeri Di Atas Awan - Inilah Pemandangan Negeri Di Atas Awan Tepuis - Tepuis adalah dataran datar berbentuk meja yang ditemukan di Guayana Highlands Amerika Selatan, tepatnya di Venezuela. Dalam bahasa orang Pemon yang tinggal di Gran Sabana, tepuis berarti ‘House of the Gods’ ini dikarenakan dataran ini sangat tinggi sehingga diberinama dengan ‘rumah tuhan’.

Tepuis adalah gunung yang letaknya terpisah dan tidak terhubung dengan gunung lainnya, ini membuat gunung datar seperti meja ini menjadi tuan rumah bagi ratusan spesies tanaman dan hewan endemik, beberapa di antaranya ditemukan hanya pada satu tepui. Tepuis menjulang yang disekitarnya dikelilingi oleh hutan belantara, tepuis memiliki sisi-sisi vertikal yang curam.


Tepui atau gunung meja ini memiliki krtinggian yang luar biasa, dindingnya yang berbentuk hampir vertikal membuat daerah ini sulit dijangkau dengan berjalan kaki. Keitnggian TEPUI yang paling rendah adalah 1000 meter dari hitan belantara disekitarnya, Sementara puncak tepui yang tertinggi mencapai ketinggian hingga 3000 meter.

Diantara gunung gunung yang ada di gran sabana hanya gunung Roraima yang memiliki ketinggian 2.180 meter yang mudah di akses. Sementara yang lainnya termasuk Tepui sangat sulit dijangkau kecuali dengan menggunakan helikopter. Ketinggian gunung Tepuis yang sangat menjulang di angkasa ini menyebabkan iklim dipuncak jauh beda dengan dibawah. Sehingga berbagai tanaman yang hidup di atas tepui harus beradabtasi dengan keras, maka banyak spesies tanaman yang unik dan langka ditemukan di atas Tepuis.

Gunung Tepuis atau gunung berbentuk meja ini merupakan sisa dari sebuah dataran tinggi batu pasir yang besar pada periode Prakambrium, yang pada awalnya menutupi perbatasan Utara dari Amazon Basin dan Orinoco, antara pantai Atlantik dan Rio Negro. Dataran besar ini selama jutaan tahun terkikis oleh perubahan alam hingga yang tertinggal hanyalah Tepuis. Meskipun Tepuis terlihat sangat tandus, namun di bagian puncaknya bisa ditemukan banyak kehidupan.

Sebenarnya ada sekitar 115 gunung yang puncaknya berbentuk meja di Gran Sabana, namun hanya Tepuis saja yang sangat tinggi dan sangat sulit dijangkau.

Sementara gunung yang paling terkenal adalah Gunung Roraima. Pertama sekali diakses dan dijelajah adalah pada tahun 1984. Dan gunung Roraima hingga sekarang sering dijadikan tujuan populer bagi para backpackers. Tidak hanya itu, gunung ini juga sempat menjadi inspirasi bagi penulis asal Skotlandia yang bernama Arthur Conan Doyle hingga melahirkan novelnya yang berjudul “The Lost World”.

Puncak gunung yang tinggi lainnya yang mirip dengan Tepuis adalah Auyantepui, yaitu rumah bagi Angel Falls, air terjun tertinggi di dunia. Bahkan luas permukaannya pun melebihi luas Tepuis yaitu sekitar 700 kilometer persegi.

Share on Facebook